• Sebuah Deskripsi Tentang Neraka ( Bagian I )




    Islam mengajarkan bahwa Neraka adalah tempat yang nyata dipersiapkan oleh Allah bagi mereka yang tidak percaya kepadaNya, memberontak terhadap hukum-Nya, dan menolak utusan-Nya. Neraka adalah tempat yang sebenarnya, bukan hanya keadaan pikiran atau entitas spiritual. Kengerian, rasa sakit, penderitaan, dan hukuman semua nyata. Neraka adalah puncak penghinaan dan kehilangan, dan tidak ada yang lebih buruk daripada itu firman-Nya :



    " Ya Tuhan kami, sesungguhnya barangsiapa yang Engkau masukkan ke dalam neraka, maka sungguh telah Engkau hinakan ia, dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolongpun. " (Al-Quran 3:192)

    " Tidaklah mereka (orang-orang munafik itu) mengetahui bahwasanya barangsiapa menentang Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya neraka jahannamlah baginya, kekal mereka di dalamnya. Itu adalah kehinaan yang besar. " (Al-Quran 9:63)

    Nama-Nama Neraka

    Api neraka mempunyai nama yang berbeda di dalam teks-teks Islam. Setiap nama memberikan deskripsi yang terpisah. Beberapa dari nama-nama tersebut adalah:

    Jahim - Api - karena kobaran api.
    Jahannam - Neraka - karena kedalaman dari lubangnya.
    Ladthaa - Nyala api - karena api.
    Sa'iir - Api yang menyala-nyala - karena itu dinyalakan dan dinyalakan.
    Saqar - Karena intensitas panasnya.
    Hutamah - Pecahan-pecahan atau puing - karena rusak dan menghancurkan segala sesuatu yang dilemparkan ke dalamnya.
    Haawiyah - Jurang - karena orang yang dilemparkan ke dalamnya dilemparkan dari atas ke bawah

    Keberadaan Neraka Yang Kekal

    Neraka ada pada saat ini dan akan terus ada selamanya. Apinya tidak akan pernah padam dan penduduknya akan tetap di dalamnya selama-lamanya. Orang-orang musyrik dan orang-orang kafir akan berada di dalamnya selama-lamanya. Keyakinan ini telah dipegang dari zaman dahulu dan didasarkan pada ayat-ayat yang jelas dari Al-Quran dan Hadits Rasulullah saw. Al-Quran berbicara tentang neraka bahwa :

    " Dan peliharalah dirimu dari api neraka, yang disediakan untuk orang-orang yang kafir." (Al-Quran 3:131)

    Rasulullah saw. bersabda :

    "Hadits riwayat Ibnu Umar: Bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam bersabda: Sesungguhnya apabila seorang di antara kamu sekalian mati akan diperlihatkan tempatnya setiap pagi dan sore. Jika ia termasuk ahli surga, maka akan diperlihatkan surga, kalau termasuk ahli neraka, maka akan diperlihatkan neraka, lalu dikatakan: Inilah tempatmu nanti bila Allah telah membangkitkanmu di hari kiamat. " (Shahih Al-Bukhari, Shahih Muslim)

    Dalam hadits lain dikatakan bahwa :

    "Sesungguhnya jiwa seorang mukmin adalah seekor burung yang tergantung di pohon-pohon surga, sampai Allah mengembalikannya ke tubuhnya pada hari kiamat." (Muwaththa Malik)

    Keterangan ini menunjukkan keberadaan surga dan neraka. Berbicara tentang kekekalan neraka, Allah berfirman:

    " Mereka ingin keluar dari neraka, padahal mereka sekali-kali tidak dapat keluar daripadanya, dan mereka beroleh azab yang kekal. " (Al-Quran 5:37)

    "... dan sekali-kali mereka tidak akan keluar dari api neraka. " (Al-Quran 2:167)

    " Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan melakukan kezaliman, Allah sekali-kali tidak akan mengampuni (dosa) mereka dan tidak (pula) akan menunjukkan jalan kepada mereka, kecuali jalan ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Dan yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.." (Al-Quran 4:168-169)

    " Sesungguhnya Allah mela'nati orang-orang kafir dan menyediakan bagi mereka api yang menyala-nyala (neraka). " (Al-Quran 33:64)

    " …Dan barangsiapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sesungguhnya baginyalah neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya." (Al-Quran 72:23)

    Para Penjaga Neraka

    Para penjaga neraka terdiri dari malaikat yang kasar dan keras yang berdiri di atas neraka yang selalu taat kepada Allah. Mereka melakukan seperti apa yang diperintahkan kepadanya. Allah berfirman:

    " Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. " (Al-Quran 66:6)

    Jumlah penjaga neraka adalah sembilan belas seperti dalam firman Allah sebagai berikut :

    "Aku akan memasukkannya ke dalam (neraka) Saqar. Tahukah kamu apakah (neraka) Saqar itu? Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan [1]. (Neraka Saqar) adalah pembakar kulit manusia. Dan di atasnya ada sembilan belas (malaikat penjaga). "(Al-Quran 74:26-30)

    [1]. Yang dimaksud dengan tidak meninggalkan dan tidak membiarkan ialah apa yang dilemparkan ke dalam neraka itu diazabnya sampai binasa kemudian dikembalikannya seperti semula untuk diazab kembali.

    Kita tidak boleh berpikir bahwa penghuni neraka akan dapat mengatasi penjaga neraka karena hanya ada sembilan belas dari mereka. Setiap orang dari mereka memiliki kekuatan untuk menaklukkan seluruh umat manusia. Ini disebut malaikat penjaga neraka oleh Allah dalam Al-Quran:

    "Dan orang-orang yang berada dalam neraka berkata kepada penjaga-penjaga neraka Jahannam: "Mohonkanlah kepada Tuhanmu supaya Dia meringankan azab dari kami barang sehari." (Al-Quran 40:49)

    Nama ketua penjaga Neraka adalah Malik, Sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran:

    "Sesungguhnya orang-orang yang berdosa kekal di dalam azab neraka Jahannam. Tidak diringankan azab itu dari mereka dan mereka di dalamnya berputus asa. Dan tidaklah Kami menganiaya mereka tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri. Mereka berseru: "Hai Malik ,biarlah Tuhanmu membunuh kami saja." Dia menjawab: "Kamu akan tetap tinggal (di neraka ini). Sesungguhnya Kami benar-benar telah membawa kebenaran kepada kamu tetapi kebanyakan di antara kamu benci pada kebenaran itu. " (Al-Quran 43:74-78)

    Bersambung pada postingan berikutnya

    Artikel Yang Berhubungan



    0 Responses

     
    ..:: Bismillah....Alhamdulillah, Ilmu yang tidak diamalkan, dicela oleh Allah, Rasul-Nya dan kaum mukminin "Hai Orang2 yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat. Amat besar kebencian disisi Allah bahwa kamu mengatakan apa2 yang tiada kamu kerjakan." http://abdulhafid76.blogspot.com ::..